Sabtu, 01 Agustus 2009

My Parents Said: "uda diiklaskan aja ya, dek."

"njih pak!" itu yang terlontar dari mulut gw walopun dalem hati cuman 0,000000001 yang bisa ngiklasin. ckck bukan karna gw kikir to pelit, *padahal cuman gw bener2 gak bisa ngiklasin apa yang jadi milik keluarga gw trus diambil secara gak bener ma orang lain. n kebetulan da 2 kejadian yang berubungan ma hal ntu, yang baru aja gw tau.

ok jadi gini ceritanya. ni hari sabtu, gw diajakin ma bokap gw ke kebun gw di pedalaman sangata. naik motor shogun kembar ngelintasi jalan setapak yang asoiy banget! ya gw si seneng2 aja, alnya jalan kesana gak rata, jadi sensasi off road gimana gitu de. sampe' di sana ya rutinitas dulu lah, ngasi mam ikan ama nyiangi daun jati yang gak perlu. naaah pas lagi nyiangi ntu tau2 di kejauhan sana bokap gw nerima telpon. eh gataunya brother gw yang lagi cuti keliling jawa yang nelpon. abis kelar nelpon bokap gw langsung rada buru2 gitu kerjanya. abis kelar nyiangi dia ngeluyur lebi jauh lagi, trus ngomong2 ma orang gitu. gw pikir ngomong ama yang ngurusin kebun gw. kelar ngomong dia datengin gw trus tau2 ngajak udahan di kebun. keliatannya uda buru2 gitu, ya gw tanya kenapa, dia bilang mau ke atm transfer duid buat kakak gw ntu. bokap bilang duidnya dia disana abis. gw kaget! bujug dah! duid kakak gw bisa abis? emang belanja mobil apa ya di jawa?! lha dia uda skitaran 2 taun kerja, duidnya mungkin uda 50an juta lebih, musok abis smuanya dalam tempo skali cuti yang lamanya gak nyampe 2 minggu. ckck slese gw mikir yang nggak2, gw nanya ke bokap tadi ngobrol ma sapa. bokap bilang ngobrol ama orang yang punya kebun di sebelah. terus bokap bilang lagi, "sebenarnya kalo' dibilang tetangga ya gak bisa juga, lha wonk yang dipake' berkebun tu sebenarnya masi tanahnya bapak kok." jadi kesimpulannya tu orang nyerobot tanah adat gw gitu. mendinglah kalo' yang disrobot tanah bokap gw aja, eeeh tanahnya mbah RT *sesepuh kawasan pedalaman ntu juga disrobot buat nanem kelapa sawit. ckckck gw bner2 gak abis pikir ma orang yang kek gitu, mental ma adabnya bener2 rusak dah! gak ijin gak apa, langsung nylonong aja make' tanah orang. hhhh back to ma brother yang lagi melarat di jawa. bokap gw tau2 datengin gw, trus inilah percakapannya,

*bsa=bokap sayang anak
sb a.k.a gw=si bungsu


bsa: dek sini bapak mau cerita yang sebenernya ke kamu tentang masmu di jawa. brubung kamu nanyak kan tadi tentang uangnya dia.
sb: *gw koneng + mikir yang nggak2 emang kenapa pak?
bsa: jadi sebenernya masmu di jawa tu kenak musibah...
sb: *kecelakaan, kecelakaan, kecelakaan musibah apa?! *agak heboh
bsa: masmu kenak tipu di jawa, pas di jakarta. dia dihipnotis orang, trus uangnya diambil 5 juta. atmnya juga diambil 2 2nya. *BRI n mandiri
sb: what?! kok bisa?! *heboh campur lebay! trus komat kamit gak jelas menyalahkan kakak gw. soalnya gw tu paling gak suka ma habit kakak gw yang boros, mentang2 dia uda kerja jadi suka foya2 beli barang gak jelas gitu.

bsa: ya sebenernya bapak sama ibumu tu juga kaget pas masmu nelpon ke rumah nanyak2 nomer rekening ke ibumu. ibumu ya langsung tau ada yang gak beres terus ngewanti2 masmu biar waspada ama penipu. eee gataunya masmu bilang keknya uda ketipu ma orang. jadi bis dia dihipno trus uda sadar dia mintak nomer rekening ke ibumu buat ngeblokir rekeningnya dia. pas diblokir ternyata mandirinya uda ilang 5 juta. masalahnya orangnya juga pinter yang ngehipno. jadi dia mintak atm masmu, trus kan pas mau ngambil duid di atm tu gak bisa gara2 gatau pinnya, jadi dia pake' atmnya buat beli emas gitu. terus bapak ma ibumu ni sebenernya juga gak mau ngasitau kamu. soalnya kamu kalo' tau pasti kamu nyalahin masmu. tapi brubung kamu tadi nanyak ya bapak ceritain. uda dek iklasin aja ya. namanya juga musibah. ya itung2 juga sodaqoh lah. *jujur gw bener2 gak bisa ngiklasin yang 1 ni, palagi nganggep sebage sodaqoh! wajar donk gw mikir gitu! duid dicolong mana bisa dibilang sodaqoh!? masmu kan juga gak tau bakal kek gitu. masalahnya masmu tu uda kebiasaan slalu baik ama orang lain si. apalagi ma temen n orang yang gak dia kenal yang mintak tolong ke dia. mana penipunya tu ngaku dia orang brunei yang minta tolong gitu ke dia. *that's the prob! kakak gw tu slalu baik n gampang ngasi pertolongan ke temen2nya ato gak ke orang gak kenal yang membutuhkan! tapi giliran ma gw?! hhhh
sb: ... *gw bingung mau ngomong apa. gw pengen ngumpat tapi cuman bisa dalem ati
bsa: yaudalah gausa dipikirin. biar aja jadi pelajaran buat masmu. biar dia gak slalu nganggep smua orang tu baik n pantas buat ditolong. *untung salah satu prinsip gw tu, dunia gak sebaik yang lo kira. dan kadang gw terselamatkan ma prinsip ntu lagian yang namanya pelajaran juga pasti mahal harganya. jadi anggep aja itu setimpal. *alhamdulillah ternyata gw punya bokap yang bijak banget! ya dek? iklas kan?
sb: iya... *masi gak bisa iklas
bsa: yauda ayok udahan. kita ke atm. kasian masmu daritadi nelpon bapak terus nanyak uda ditransfer lum duidnya.

yah itulah akirnya. gw ngikut ke atm, nransfer duid ke rekening temennya 1,5 juta yang kemudian diambil ma kakakku brubung rekeningnya uda di blok total. masalahnya sebelum dia kenak hipno ntu dia uda ngambil duid 2 juta, n pas uda dihipno ntu dia jalan dari jakarta, bogor, bandung, jogja cuman berbekal 2 juta n akirnya abis juga tu duid di jogja. makanya mintak transfer de. gw juga kalut si sebenernya mpe sekarang. gw pengen marah ke kakak gw tapi juga gak tega. alnya itu emang bener2 musibah n gak ada yang tau. jadi mending gw diemin aja de. yang penting dia pulang bawak oleh2 de buat gw. yup oleh2nya adalah kupluknya mbah surip! hahaha yauda mpe situ aja deh. moga apa yang nimpa kakak gw gak nimpa sapapun juga yang baca blog gw ni, termasuk gw n keluarga gw yang lainnya. amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar